8 Perbedaan Sales dengan Marketing

8 Perbedaan Sales dengan Marketing

Saya pun tidak tau bedanya. Antara marketing dengan sales. Saya kira sama. Sama-sama menggenjot penjualan, yang penting laku. Ternyata beda.

Penjualan menjadi titik lemah saya selama ini. Dan sepertinya saya harus belajar banyak. Dimulai dari membedakan marketing dengan sales. Setelah membaca ini anda akan tahu apa bedanya.

Keduanya sama-sama menghasilkan peningkatan penjualan.

Tetapi ada bedanya yaitu:

1. Pendekatan

Sales lebih fokus kepada peningkatan penjualan produk atau jasa yang ada saat ini. Sementara marketing lebih ke kedepannya siapa saja yang harus disasar beserta strateginya.

Hmmm, sementara saya posisikan bahwa sales adalah saat ini, marketing jangka kedepan.

2. Fokus

Marketing lebih berat karena cakupannya lebih luas. Tapi hal yang berat untuk dikerjakan sendiri, selayaknya dibagi. Marketing meliputi: promosi, distribusi, harga jual, memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sales meliputi: target yang harus dipenuhi.

Jadi, marketing lebih fokus ke citra, dikenal, sampai ke daerah tujuan, dan diinginkan. Sementara sales mewujudkannya dalam angka-angka.

Keduanya sinergi, dan sampai titik ini saya belum tau, siapa yang lebih berjasa terhadap penjualan. Apakah marketing atau sales?

3. Proses

Marketing melakukan analisa pasar, saluran distribusi, produk apa yang kompetitif, strategi penentuan harga, melacak hasil penjualan dan seberapa besar penguasaan pasar, berapa dana yang dibutuhkan.

Sales berproses meningkatkan penjualan satu-demi-satu.

Pemasaran memasarkan, membuat orang berminat. Penjualan melayani yang membeli. Tugas marketing menancapkan ide, tugas sales selalu ada saat pembeli datang.

4. Ruang lingkup

Riset pasar, iklan, sales, relasi dengan publik, customer service and satisfaction adalah wilayah marketing. Sementara sales bekerja ketika barang atau jasa telah tercipta, menawarkan kepada pembeli dan melayani pesanannya. Termasuk merayu pelanggan agar mau membeli.

See also  10 Manfaat Perencana Keuangan

Jadi, marketing bertugas luas, menciptakan pasar, menciptakan hal yang diinginkan pasar, memperingan tugas sales, sementara sales bekerja on target atau langsung kesasaran.

Sebuah produk yang pemasarannya jelek, maka jasa salesnya tinggi. Sebuah produk yang pemasaran atau marketingnya bagus, maka jasa salesnya rendah.

5. Horizon

Marketing lebih jangka panjang. Hasilnya tidak dapat dilihat segera. Sales langsung. Jual-Laku-Dapat komisi.

6. Strategi

Marketing menarik pasar, berteriak memanggil, menarik perhatian, berkata “lihatlah saya menawan”. Apapun dilakukan agar orang tertarik dan terikat. Sales mendorong, bagus kan produk saya, maka belilah.

Marketing mengawali, Sales finishing nya.

Marketing adalah spanduk, gambar, imej, promo, taburan bintang, kilapan cahaya, ada dimana-mana. Sales adalah keramahan, kepercayaan, senyuman, memberi kepuasan, agar membeli dan kembali lagi.

7. Prioritas

Marketing juga menangani hubungan jangka panjang. Dari awal, sampai akhir jika sales tidak melakukan tugasnya yaitu kepuasan pelanggan. Menjaga agar pelanggan tidak beralih. Sales dihitung sesuai jumlah yang dapat dia jual. Seharusnya juga menjaga, agar penjualannya tetap tinggi.

8. Identitas

Marketing. Tugasnya lah membuat sebuah produk diinginkan. Direbutkan. Dan bisa didapatkan. Sementara sales mempunyai strategi memenuhi kebutuhan tepat disaat kita bisa menyediakan, hubungannya langsung antara penjual dan pembeli, sementara marketing tidak langsung. Sesimpel bertemunya kebutuhan dengan ketersediaan.

Biar ga pusing, marketing tidak ketemu pembeli dan tidak menjual, tetapi dia menawarkan. Dia sudah cukup lelah melakukan hal tersebut. Untuk bertemu pembeli yang menginginkan produk yang dia lihat (hasil kerja si marketing) dan inginkan adalah tugas sales.

Kesimpulan:

Marketing berteriak, seperti tukang obat dialun-alun, lalu menyajikan sulap atau pertunjukan. Setelah semua datang dan menyimak, diakhiri penjualan oleh sales.

See also  4+ Macam Pasar yang Dapat Dipelajari oleh Seorang Wirausaha

Jadilah marketing hebat, sehingga tidak memerlukan sales yang mahal.

Jadilah sales yang hebat, sehingga mendapat bayaran mahal.

(Jika anda hanya membaca bagian kesimpulan saja berarti marketing saya berhasil. Dengan cara membold bagian tersebut).

Raih lah sebuah impian jangan pantang semangat insyaallah jalan itu akan datang

Leave a Reply

Your email address will not be published.